Senin, 31 Agustus 2009

Central Java Tour Object


Provinsi Jawa Tengah, sebagai salah satu tujuan wisata Indonesia menawarkan berbagai macam tujuan wisata yang menarik dan bahkan sudah terkenal sampai mancanegara. Hal itu dikarenakan di Propinsi Jawa Tengah itu sendiri terdapat beraneka ragam baik dari segi pemandangan alamnya, peninggalan budayanya serta kerajinan-kerajinan seni tradisional yang bernilai seni tinggi.

Berdasarkan Letak Geografisnya, Provinsi Jawa Tengah berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara, provinsi Jawa Timur di sebelah timur, Provinsi D.I.Y. di sebelah selatan, dan Provinsi Jawa Barat di sebelah Barat Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan untuk bentang lahan Provinsi Jawa Tengah terdapat beraneka macam daratan rendah yang terbentang sepanjang pantai utara dan daratan tinggi di sebelah utara yang banyak ditemukan deretan pegunungan dari barat membujur ke timur seperti Gunung Slamet (3, 428 m dpl), Gunung Perahu ( 2,585 m dpl), Gunung Sindoro (3,135 m dpl), Gunung Sumbing (3,321 m dpl), Gunung Merapi (3,142 m dpl), Gunung Ungaran (2,050 m dpl), dan Gunung Lawu (3,265 m dpl) di perbatasan Jawa Timur serta Gunung Muria (1,602 m dpl) sebelah utara.

Daerah pegunungan yang sejuk dengan panorama yang indah sangat bagus untuk dinikmati misalnya Baturaden, Dataran Tinggi Dieng, Bandungan, Kopeng, dan Tawangmangu. Selain itu juga mengalir aliran sungai yang bersumber dari daratan tinggi tersebut, seperti Sungai Serayu yang bersumber dari Daratan Tinggi Dieng dan Sungai Bengawan Solo yang juga merupakan Sungai terbesar di Jawa Tengah.

Untuk menikmati beraneka ragam jenis objek pariwisata tersebut, pemerintah telah menyediakan sarana baik yang ditempuh dari udara, laut ataupun daratan. Bila para wisatawan mengakses melalui udara Provinsi Jawa Tengah memiliki dua bandara besar yang menghubungkan sebagian kota-kota besar di Nusantara baik penerbangan langsung ataupun tidak langsung, yakni melalui Bandara Achmad Yani Semarang dan Bandara Adi Sumarmo Surakarta. Bila para wisatawan mengakses jalur laut, terdapat dua pelabuhan penting yakni Pelabuhan Tanjung Emas Semarangdan Pelabuhan Tanjung Intan di daerah Cilacap. Sedangkan bila para wisatawan mengakses dari darat, Provinsi Jawa Tengah terdapat dua jalan utama penghubung Provinsi Jawa Tengah dengan empat provinsi lainnya (Jawa Barat, Jakarta, Yogyakarta, dan Jawa Timur) yaitu jalur utara (Pantura) dan jalur selatan (Pantai Selatan).

0 comments:

Posting Komentar

TopOfBlogs

Contact me

Contact me

Name

First

Last
Email
Phone Number

###
-
###
-
####
Website
Your coment
Image Verification
captcha
Please enter the text from the image:
[Refresh Image] [What's This?]