Senin, 31 Agustus 2009

Wisata Alam atau Wisata Agro di Jawa Tengah

1. Grojogan Sewu
Tawangmangu merupakan tempat wisata daerah pegunungan di kota Solo yang letaknya dekat di lereng Gunung Merapi. Perjalanan menuju kawasan wisata Tawangmangu menyajikan pemandangan alam yang sangat menarik, keadaan jalan yang berkelak-kelok dan dikelilingi oleh perkebunan sayur-mayur dan persawahan yang terhampar luasbagaikan sebuah lukisan yang tentunya membawa kita seakan berpetualang yang mungkin sulit untuk dilupakan.
Sesampainya di puncak Tawangmangu kembali kita disuguhkan oleh bentukan alamiah yakni Air Terjun Grojogan Sewu yang memiliki ketinggigan 81 meter yang tentunya sangat menarik untuk dinikmati bersama keluarga, karena dalam area wisata tersebut juga dilengkapi dengan sarana rumah makan, kolam renang, dan tempat ibadah. Hal lain yang sangat menarik di tempat ini adalah terdapatnya kera-kera kecil yang berbaur dengan para pengunjung dan sangat jinak serta tidak membahayakan. Tawangmangu juga memiliki udara yang sejuk yang berada pada tempat yang tinggi sehingga sering berkabut. Berwisata ke tempat ini tidaklah sulit karena tempat wisata ini telah dilengkapi dengan sarana-prasarana pendukung, seperti adanya villa atau wisma serta rumah makan, restoran, atau pedagang sate keliling yang menjadi makanan favorit di Tawangmangu ini.


2. Dataran Tinggi Dieng
Dataran tinggi Dieng yang berada di ketinggian 2000 kaki dari permukaan air laut ini dikelilingi oleh perbukitan, bagaikan gelang raksasa mengelilinginya. Dieng memiliki tiga dataran. Konon dataran ini terbentuk akibat dari letusan Gunung Merapi, hingga bagian puncak gunung terlempar. Untuk mencapai kawasan ini, para wisatawan bisa melalui Kabupaten Wonosobo. Hal itu dikarenakan jaraknya yang lebih dekat, kendati jalan yang dilewati berliku dan keadaan samping kanan-kiri adalah jurang. Namun, saat kita tiba di lokasi pemandangan yang tadinya berupa jurang dan dinding yang terjal, berganti dengan pemandangan baru.
Banyak peninggalan sejarah yang tak ternilai di kawasan ini, serta segudang potensi alam yang belum tergali. Dieng menyimpan sejarah masa lalu. Kompleks candi ini dibangun di bekas cekungan sisa kawah. Konon bangunan ini merupakan bangunan Hindhu tertua di Jawa Tengah yang dibangun sekitar abad ke 7, yang jauh lebih tua dibanding dengan Prambanan yang dibangun pada abad ke 8. Dieng juga memiliki telaga warna. Salah satu airnya kerap memantulkan warna-warni air telaga yang diakibatkan dari kandungan belerang yang dikandungnya.


Pantai Marina Semarang
Sebagai pusat pemerintahan Jawa Tengah, Semarang merupakan salah satu tempat tujuan warga Jawa Tengah untuk mengadu nasib guna memperbaiki kesejahteraan kehidupan warga Jawa Tengah. Oleh karenanya banyak warga yang mencari suatu tempat guna melepas kepenatan pikirannya dengan jalan mencari tempat untuk berekreasi bersama keluarganya. Banyak tempat-tempat di Semarang yang menyediakan sarana berekreasi untuk keluarga, seperti pusat perbelanjaan di kawasan Simpang Lima, Taman Rekreasi Wonderia, Lawang Sewu, ataupun wisata religi seperti Masjid Agung Jawa Tengah serta wisata dengan bangunan arsiteuktur yang indah dan menawan seperti Klenteng Sam Pho Kong, Gereja Blenduk dan Vihara Bhudagaya. Namun, bila masyarakat menginginkan suasana Panorama Pantai maka ada salah satu tujuan wisata masyarakat Semarang yang menjadi andalan yakni Pantai Marina. Pantai Marina adalah suatu tempat rekreasi keluarga yang menawarkan panorama pemandangan pantai yang indah serta dilengkapi pula dengan sarana taman bermain, gazebo, lapangan volley, dan rekreasi air seperti adanya kolam renang.



Pantai Alam Indah Tegal

Salah satu objek wisata di kota Tegal yang banyak dikunjungi oleh masyarakat adalah objek wisata Pantai Alam Indah (orang biasa menyebutnya PAI). Kondisi pantai yang masih alami dengan didukung fasilitas yang senantiasa ditingkatkan menjadi Pantai Alam Indah semakin ramai dikunjungi orang terutama pada hari minggu dan hari-hari libur nasional.



Pantai Kartini Jepara

Objek wisata Pantai Kartini terletak ± 2,5 Km ke arah barat dari Pendopo Kabupaten Jepara. Objek wisata ini berada di Kelurahan Bulu Kecamatan Jepara dan merupakan objek wisata alam yang menjadi dambaan wisatawan. Berbagai sarana pendukung seperti dermaga, kolam pancing, motel, dan permainan anak-anak. Selain itu juga tersedia Souvenir Shop untuk pengunjung. Suasana di sekitar pantai yang cukup sejuk memang memberikan kesan tersendiri bagi para pengunjung pantai, sehingga tempat ini sangat cocok untuk rekreasi bersama keluarga atau acara santai lainnya. Ditempat ini pula para pengunjung dapat melepaskan lelah dengan duduk-duduk di bawah gazebo sambil menghirup udara segar bersama semilir terpaan angin laut.


Pantai Teluk Penyu Cilacap
Pantai Teluk Penyu, kawasan pantai yang membujur dari utara (Pelabuhan Perikanan Laut Cilacap) ke selatan (Pulau Nusakambangan) dengan panorama gelombang laut yang cukup besar, kapal-kapal tanker yang keluar masuk Pelabuhan Tanjung Intan dan perahu-perahu tradisional yang berlalu lalang disepanjang Pantai Teluk Penyu. Selain itu disepanjang pantai juga tersedia kios-kios cenderamata aneka kerajinan kerang dan souvenir khas Cilacap serta warung-warung yang menjajakan ikan asin kering dan basah yang siap atau langsung dimasak.

0 comments:

Posting Komentar

TopOfBlogs

Contact me

Contact me

Name

First

Last
Email
Phone Number

###
-
###
-
####
Website
Your coment
Image Verification
captcha
Please enter the text from the image:
[Refresh Image] [What's This?]